BIMA.OBORBIMA.ID – KAMIS, 13/7/23, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima menggelar kegiatan Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian SAMAKAI. Filosofi lahirnya ide pelayanan kerohanian ini berasal dari nilai dasar SAMAKAI yang digadang RSUD Bima.
Nilai Dasar SAMAKAI merupakan singkatan dari pedoman pelayanan 4S rumah sakit (senyum, salam, sapa, sabar), Adil, Manuasiwi, Adaptif, Kebersamaan dan Kesatuan, Andal, serta Ikhlas.
Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala/Perwakilan Departemen Agama Kota dan Kabupaten Bima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Camat dan Lurah, serta para Rohaniawan Katolik, Prostestan, Hindu, dan Muslim yang telah ditunjuk sebagai Mitra dalam Pelayanan Kerohanian RSUD Bima juga turut disaksikan oleh perwakilan Masyarakat umum, serta seluruh unsur manajemen dan Praktisi atau pelaksana pelayanan di RSUD Bima.
Direktur RSUD Bima, drg. Ihsan, MPH menjelaskan, bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Bima berinisiatif mengembangkan Pelayanan kerohanian dalam bentuk kegiatan pendampingan keagamaan yang diperlukan oleh pasien atau keluarga pasien selama dalam proses perawatan di rumah sakit.
Kata dia, Pelayanan ini bertujuan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang beragam dengan tetap menghormati nilai-nilai, keyakinan, serta budaya yang berlaku di sekitarnya.
“Hal ini juga merupakan langkah konkrit RS untuk membantu pasien dalam proses penyembuhannya dengan mengedepankan kesetaraan pelayanan,”ujarnya.
Kegiatan launching juga menurutnya, dimanfaatkan oleh rumah sakit untuk sekalian memaparkan profil RS, Jenis Pelayanan dan Standar Pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Bima.
“Alhamdulilah RSUD Bima selama 8 tahun kepemimpinan saya telah mengalami transformasi yang luar biasa baik dari sisi pembangunan fisik, peralatan, sarana dan prasarana, jenis pelayanan, serta Sumber Daya Manusia. Rumah Sakit senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan Prima dapat tercapai,”terangnya.
Dalam acara tersebut, juga didorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam mengevaluasi pelaksanaan pelayanan dan memberikan masukan bagi peningkatan pelayanan yang ada di Rumah Sakit.
*0B.001*